Sindrom Iritasi Usus Besar, Gejala, Penyebab dan Penanganan

  • Whatsapp

Irritable bowel syndrome atau bahasa Indonesianya adalah sebuah penyakit berupa iritasi pada usus besar memang salah satu penyakit yang bisa saja dialamai oleh semua kalangan dalam usia yang merata, namun berdasarkan banyak peneilitian dan data statistik memang wanita yang usia produktif paling rentan mengalami sindrom iritasi usus besar ini.

Read More

Maka dari itu, kami akan mencoba membahas mengenai gejala, kemudian penyebabnya kepada anda sehingga nantinya lebih waspada dan terhindar dari penyakit ini. Dimana ini adalah penyakit yang berbahaya dimana menyerang pada sisitem saluran pencernaan terutama merusak kinerja usus besar.

Dari sekian banyak tanda, yang paling umum adalah penderita Ibs ini paling banyak mengalami keluhan pada bagian perut dan ini terjadi terus menerus seperti sakit pada perut setelah makan dan dalam kondisi normal serta ada juga ciri lainnya yang akan kita bahas lengkap dalam artikel ini.

Nah dibawah ini beberapa gejala IBS secara umum selain mengalami sakit perut yang terus menerus antara lain:

  • Nyeri perut, kemudian sering mengalami kembung dan terkadnag sering kentut
  • Kondisi mincret alias diare atau dalam kasus lain juga terkadang penderitanya sembelit sampai dengan 1 minggu baru bisa buang air besar
  • Merasakan kondisi nyeri pada bagian ulu hati dan sering mual bahkan muntah

Dan taukah anda dari penelitian terbaru ternyata sindrom iritasi usus besar sendiri faktor paling umum yang menyebabkanya adalah karena kondisi pikiran, stress yang berkepanjangan sehingga memang akan mempengaruhi pada sisitem pencernaan.

Ini artinya dalam menjaga kesehatan, faktor pikiran yang harus utama di jaga jangan sampai stress dan anda harus tetap bahagia sehingga cepat sembuh.

Sering kali juga penderita penyakit ini sendiri tidak menydarinya karena kondisi sakit datang dan hilang, maka dari itu memang kalau anda mendapatkan gejala yang serupa kami sarankan segera priksa, karena kalau dibiarkan akan ditakutkan lebih parah dan bisa menyerang sistem kerja usus.

Cara Penanganan sindrom iritasi usus besar IBS

Sekarang kita akan bahas bagaimana cara penganganan penyakit ini, dimana yang sudah kami jelaskan diatas adalah anda harus tetap bahagia, jangan berpikiran negatif, tetap membawa aura positif, jauhkan diri anda dari sifat iri dan dengki dan perbanyak ikhlas sehingga anda tidak stress terus menerus.

Karena stress sendiri adalah sangat berbahaya yang merupakan sumber dari semua jenis penyakit. Kmudian tentu saja juga karena gaya hidup, kemudian tidak pernah menjaga pola makan serta kurang aktifitas fisik.

Dibawah ini beberapa tips penanganan penyakit ini antara lain:

  • Cukupi kebutuhan serat tubuh anda, jangan malas makan sayur, dan buah
  • Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh anda, dimana ini bisa dengan cara memperbanyak mengkonsumsi air putih
  • Kurangi kopi, jangan sampai berlebihan secukupnya saja
  • Jauhi minuman beralkohol, kemudian jaga makanan anda hindari makanan yang lemak tinggi plus karbo dan gula tinggi
  • Dan yang terakhir tentu tetap bahagia jangan stress, istrahat cukup jangan sering begadang

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *