Ingin Handphone Awet, Gunakan 4 Langkah Perawatan ini

  • Whatsapp

ingin-handphone-awet-gunakan-4-langkah-perawatan-ini

Dalam setahun seberapa sering Anda berganti handphone? Sekali, dua kali, atau lebih? Mengingat banyak sekali jenis handphone di pasaran membuat masyarakat menjadi konsumtif. Hari ini menggunakan iPhone 7+, besoknya Samsung Galaxy S15, dan minggu berikutnya Samsung Z Flip. Bukan hanya masalah gaya, tapi juga keawetan handphone yang memengaruhi umur penggunaannya.

Read More

Handphone mahal yang harganya mencapai 8 digit belum tentu awet digunakan, karena tergantung pada si pemakai sendiri. Jika menggunakannya sembarangan tanpa memperhatikan perawatannya, maka sudah pasti handphone yang tak mudah rusak pun akan segera masuk servis.

 

Merawat Handphone dengan Benar

Agar handphone Anda awet, berikut beberapa tips perawatannya.

 

1. Menggunakan Charger Original

Salah satu yang penting dalam memperpanjang umur baterai adalah merawatnya menggunakan charger original. Namun, seiring semakin umumnya penggunaan handphone banyak charger yang bisa digunakan di beberapa jenis handphone. Hal ini sering membuat Anda menggunakan sembarang charger untuk handphone, bahkan lebih memilih menggunakan powerbank.

Cara pengisian daya seperti ini kurang baik untuk keawetan handphone Anda karena bisa merusak baterai. Kepala charger universal belum tentu cocok untuk semua jenis handphone dan panas powerbank bisa merusak ion dalam baterai. Jadi, sebisa mungkin gunakan charger original dan kurangi penggunaan powerbank.

 

2. Bersihkan Handphone dari Debu

Handphone merupakan benda yang rentan terkena debu dan kotoran. Oleh sebab itu, harus senantiasa dibersihkan. Bukan hanya pada bagian layar, tapi juga bagian lain yang mungkin ditempeli debu. Pasalnya, debu yang menempel di bagian handphone bisa membuat handphone cepat panas dan melambat kinerjanya.

Kamu bisa menggunakan lap kacamata atau lap microfiber, bisa juga gunakan tisu jika kedua benda tersebut tidak tersedia. Bersihkan secara mendetail. Contohnya saat membersihkan Samsung Z Flip gunakan kain lap lembut dan bersihkan bagian layarnya juga di bagian lipatan agar bersih maksimal.

 

3. Beri Handphone Anda Case

Aksesoris handphone yang cukup penting untuk dimiliki adalah case handphone. Beragam case dijual dipasaran dengan berbagai bentuk dan gambar unik. Nah, ketika memilih case handphone pastikan yang sesuai dengan smartphone Anda. Aksesoris asli keluaran dari produsen handphone adalah yang paling aman.

Namun, memakai case dari produsen lain pun tak masalah asalkan sesuai tipe handphonenya dan dapat melepaskan panas dengan baik. Apabila telanjur memakai case yang sulit melepas panas, sebaiknya dilepas saat hendak mengisi daya. Hal ini untuk menghindarkan handphone mengalami kenaikan suhu drastis yang bisa merusak komponennya.

 

4. Hindari Menggunakan Handphone di Tempat Panas dan Penggunaan Terlalu Lama

Bagi Anda yang lebih sering beraktivitas di luar ruangan pastikan agar handphone tidak terlalu sering digunakan. Kalau bisa ketika ingin menggunakan handphone cari tempat yang teduh dan tidak memiliki suhu tinggi. Sebaiknya handphone digunakan di tempat dengan suhu 16 hingga 30 derajat celcius.

Apabila terlalu sering berada di tempat bersuhu panas akan membuat komponen di dalam handphone cepat panas. Hal ini tentunya akan menurunkan daya tahan handphone tersebut. Lagi pula, di suhu panas handphone tak dapat bekerja secara optimal.

Selain itu, penggunaan handphone terlalu lama juga akan membuat komponen di dalamnya memanas sehingga Anda harus berusaha agar tidak menggunakan handphone terlalu lama. Apabila sudah terasa panas berlebihan sebaiknya hentikan penggunaan.

Merawat handphone dengan baik dapat membantu memperpanjang masa penggunaan handphone. Selain itu, belilah produk original sehingga terjamin kualitasnya. Anda bisa membeli handphone secara online di toko kesayangan yang terjamin kredibilitasnya. Seperti ketika ingin membeli Samsung Z Flip pastikan produk original dengan garansi resmi Samsung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *