Cara Mengatur Pencahayaan Ruangan Rumah Agar Nyaman

  • Whatsapp
Photo by form PxHere

Setelah lelah beraktivitas seharian di luar rumah, tentu Anda ingin segera merasakan suasana rumah yang tenang dan nyaman. Tapi anehnya, sesampainya di rumah Anda justru merasa terganggu dengan suasana yang terlalu terang dan ramai. Dalam hal ini, tak perlu buru-buru ingin mengganti warna tembok atau perabotan. Sebab bisa jadi masalahnya ada pada pancahayaan rumah Anda.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa membuat hunian terasa lebih tenang dan nyaman:

Read More

Perhatikan undertones pada ruangan

Jika ruangan Anda memiliki undertone yang sangat terang misalnya tembok berwarna putih dengan perabotan didominasi warna cerah, tak heran jika suasana terang dan ramai akan terasa. Maka dari itu, semakin terang undertone pada ruangan, pilihlah pencahayaan yang lebih temaram untuk meningkatkan suasana tenang. Namun jika undertone didominasi warna kalem seperti pastel atau cokelat, maka pilih cahaya yang sedikit lebih terang untuk menghindari kesan suram.

Berikan pencahayaan secukupnya pada lorong

Lebih terang bukan berarti lebih baik. Kadang, pencahayaan berlebih justru menimbulkan kesan silau dan mengganggu. Hal ini terutama perlu diperhatikan pada area lorong ataupun jalan penghubung antar ruangan yang sempit dan memanjang. Dibanding memasang lampu neon super terang di tengah area, lebih baik mengaplikasikan beberapa lampu kecil temaram di sisi-sisi dinding.

Aplikasikan warna abu-abu di dalam ruangan

Kalau tidak memungkinkan untuk mengganti pencahayaan karena ruangan digunakan untuk membaca atau pekerjaan lainnya, Anda masih bisa menciptakan suasana yang lebih menenangkan dengan memperbanyak penggunaan warna abu-abu. Tak perlu mengubah warna cat, cukup meletakkan beberapa furniture atau aksesori ruangan berwarna abu-abu.

Masukkan elemen berwarna hitam

Selain abu-abu, memasukkan unsur warna hitam ke dalam ruangan juga secara efektif akan menimbulkan kesan lebih tenang dan temaram. Kalau kesulitan menemukan perabotan atau aksesori berwarna hitam, Anda bisa menggunakan kanvas yang dicat dengan warna hitam. Letakkan di salah satu sisi dinding yang mendapatkan penerangan cukup, maka suasana temaram yang menenangkan akan tercipta dengan sendirinya.

Pertahankan dekorasi tetap sederhana

Dekorasi yang terlalu penuh sesak akan membuat ruangan terasa berat. Tak heran kalau Anda akan merasa jenuh ketika masuk ke dalam ruangan. Mengurangi perabotan dan aksesori-aksesori kecil di dalam ruangan akan menciptakan kesan lebih fokus dan terpusat. Pilih saja satu perabot atau aksesori yang bisa menjadi central of attraction.

 

sumber:persegi.co.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *