Anak Anda Bau Mulut, Coba Terapkan Tips SehatQ.com Berikut!

  • Whatsapp

anak-anda-bau-mulut-coba-terapkan-tips-sehatq-com-berikut

Anak-anak biasanya lebih ekspresif saat berkomunikasi dengan teman atau orang-orang di sekitar mereka. Jika orang dewasa bisa mengatasi masalah bau mulut dengan menjaga jarak atau menutup mulut, maka anak-anak bisa mengalami masalah serius. Bau mulut bisa membuat mereka menjadi bahan bullying. Orangtua wajib mengajarkan anak-anak untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi sejak dini. Sehat.com merangkum penyebab dan cara mengatasi masalah kesehatan mulut dan gigi anak berikut ini.

Read More

Penyebab bau mulut pada anak-anak

Anak cenderung tidak memahami bahwa dirinya memiliki masalah bau mulut. Bau mulut atau halitosis bisa terjadi karena anak-anak memiliki kondisi kesehatan mulut dan gigi yang rentan terhadap jenis makanan yang dikonsumsi. Berikut penyebab utama anak mengalami masalah bau mulut dilansir SehatQ.com yang wajib Anda ketahui :

1. Konsumsi makanan dan minuman tertentu

Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu masalah bau mulut pada anak seperti bawang, keju, soda, dan masih banyak jenis lain. Ada baiknya orangtua tetap membatasi konsumsi jenis makanan secara berlebihan agar tidak berdampak pada kesehatan mulut dan gigi si kecil.

2. Perawatan kesehatan mulut dan gigi yang kurang

Kemungkinan bau mulut pada anak disebabkan oleh perawatan kesehatan mulut dan gigi yang kurang baik. Menggosok gigi yang kurang bersih bisa memicu partikel makanan sisa menempel dan menumpuk pada gigi. Akibatnya gigi si kecil menjadi berlubang dan berdampak pada bau mulut tidak sedap. Anda bisa mencari direktori obat yang bisa mengatasi masalah gigi berlubang pada si kecil yang lebih aman dan ampuh.

Cara mengatasi masalah bau mulut pada anak

Anak-anak yang mengalami masalah bau mulut bisa mengalami masalah sosial dan psikis. Agar tidak terjadi hal kurang mengenakkan, orangtua wajib mengecek dan mengatasi masalah bau mulut ini. Anda harus mencegah risiko bau mulut terjadi dengan menerapkan aturan gosok gigi yang baik. Pastikan anak Anda melakukan sikat gigi minimal dua kali setiap hari, setelah makan dan sebelum pergi tidur malam hari. Jangan lupa untuk menyikat bagian lidah yang berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri yang memicu bau mulut.

Jika gigi anak sudah berlubang dan rentan memicu masalah bau mulut, Anda bisa menggunakan beberapa bahan yang bisa membuat aroma mulut lebih sedap dan tidak mengganggu penciuman orang lain. Berikut rekomendasi cara sederhana yang bisa meredakan dan mengatasi bau mulut pada anak :

1. Konsumsi air putih yang cukup

2. Menjauhkan anak dari pengaruh asap rokok

3. Konsumsi permen mint yang bebas gula

4. Buah jeruk, apel dan tomat

5. Teh hijau

Orangtua wajib melakukan perawatan kesehatan mulut dan gigi si kecil dengan rutin mengunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Pemeriksaan kesehatan mulut dan gigi yang teratur bisa mencegah si kecil dari risiko gigi berlubang atau bau mulut tidak sedap. Bau mulut bisa menjadi indikasi penyakit diabetes pada anak atau penyakit lain.

Selama masa pandemi, Anda mungkin khawatir pergi ke dokter gigi untuk melakukan perawatan atau pemeriksaan berkala. Jika si kecil sakit gigi atau alami bau mulut yang tidak wajar, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter terpercaya di Sehat.com, ya! Dokter akan memberikan arahan medis untuk menangani masalah kesehatan mulut dan gigi buah hati Anda. Lebih aman, praktis dan mudah sebab Anda bisa meminimalisir risiko penularan virus corona dengan tidak bepergian ke klinik atau poli gigi sementara waktu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *