3 Manfaat Ekspor Impor bagi Perkembangan Ekonomi

  • Whatsapp

Ekspor impor sudah menjadi bagian kerja sama di bidang ekonomi antar negara. Selain itu, faktor sumber alam yang berbeda membuat kedua negara saling membutuhkan hingga mencapai kesepakatan ekspor impor. Indonesia yang memiliki beragam sumber daya alam di negara tropis mengekspor aneka komoditi ke luar negeri, termasuk impor produk elektronik dari luar negeri. Jasa kirim barang Malaysia bisa menjadi solusi mendistribusikan produk ekspor Anda ke negeri jiran.

Read More

Manfaat utama ekspor barang ke luar negeri

Ekspor barang ke luar negeri sudah menjadi hal lumrah dalam perdagangan Indonesia. Ragam komoditi terbesar Indonesia yang dikirim ke luar negeri antara lain kopi, karet, coklat, tekstil, minyak kelapa sawit, dan lain-lain. Berikut 3 manfaat utama kegiatan ekspor yang harus Anda ketahui yaitu :

1. Meningkatkan pertumbuhan industri

Dengan adanya kegiatan ekspor barang ke luar negeri, kebutuhan permintaan barang di dalam negeri tersebut bisa memicu pertumbuhan industri. Bagi negara pengekspor, kegiatan ekspor yang terus meningkat merupakan upaya memacu persaingan di dunia perdagangan internasional yang semakin ketat. Kualitas produk yang bagus akan meningkatkan potensi permintaan produk di pasaran internasional lebih besar.

2. Bisa mengendalikan harga

Kegiatan ekspor barang bisa memiliki fungsi sebagai pengendali harga produk di dalam negeri. Apalagi negara Indonesia yang memiliki produksi berlimpah pada suatu komoditi, perlu langkah efektif dalam mengendalikan harga produk tersebut. Solusinya dengan mengirim komoditi yang berlebihan ke negara lain yang membutuhkan produk tersebut. Jasa kirim barang ke Malaysia siap mendistribusikan komoditi ekspor Indonesia yang berlimpah lewat pelabuhan atau bandara utama.

3. Bisa meningkatkan devisa negara

Tujuan ekspor barang ke luar negeri untuk meningkatkan devisa negara sehingga berdampak positif bagi kesejahteraan ekonomi rakyat. Perluasan pasar domestik juga meningkatkan ekonomi suatu negara menjadi lebih baik. Apalagi angka kemiskinan di Indonesia masih besar, maka peningkatan ekspor bisa menjadi peluang menghasilkan industri atau pabrik besar baru bermunculan.

Ekspor memiliki tujuan yang baik dalam meningkatkan perekonomian suatu negara, sedangkan impor barang memiliki manfaat dalam memenuhi kebutuhan barang dalam negeri. Sebagai negara yang berkembang, Indonesia membutuhkan produk dari negara lain yang bisa meningkatkan kehidupan masyarakat lebih baik. Aneka produk impor yang bermunculan di pasar tetap dikontrol pemerintah guna mengendalikan ekonomi pasar lokal.

Dari ulasan singkat mengenai manfaat kegiatan ekspor impor di atas, apakah Anda tertarik menjadi pengusaha eksportir yang profesional? Dengan kecanggihan digital, Anda bisa memanfaatkan peluang pemasaran menyasar konsumen luar negeri yang lebih efektif. Anda bisa menyasar konsumen luar negeri yang loyal dengan inovasi produk sesuai tren, lho! Pelayanan maksimal dengan jasa kirim barang ke Malaysia yang cepat dan terjangkau, maka bisnis ekspor Anda bisa menjadi tombak perekonomian negara tercinta.

 

Sumber

https://pelayananpublik.id/2019/12/03/pengertian-ekspor-impor-tujuan-manfaatnya-bagi-ekonomi-masyarakat-indonesia/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *